September 30, 2010

Akhirnya keluar juga

Entah kenapa mama sama mama mertua tanya hal yang sama pas gw masuk bulan ke delapan kehamilan.

" Air susunya udah keluar"

"Heh??!!"

"Iya keluar, dikit aja rembes gitu"

"Hmmm.. Gak tau jg yah"

" Harusnya udah, biasanya masuk bulan ke delapan udah keluar"

"O gitu yah"

Dan habis itu gw jadi kepikiran.

Waduh dag dig dug juga, apa saluran menyusui gw macet atau gimana. *pengen mewek malem - malem*

Tapi kemarin pagi, gw coba pencet (maaf) payudara gw. Dan Alhamdulillah, ada keluar tetesan air yg bening. Gak tau itu ASI or colostrum or cairan biasa. Cuma seneng aja, berarti aliran payudara gw lancar dan gak tersumbat. Masuk trimester tiga, harus rajin - rajin bersihin dan pijat payudara.

Caranya simple, pijat 3 jari dengan penekanan di bagian payudara, dan 2 jari memutar di bagian aerola, terus putar puting 20x ke kanan, 20x ke kiri, yang katanya untuk membiasakan elastisitas pada saat bayi menyusui.

Gw biasa pijat pakai olive oil. Dan setelah itu dibersihkan pakai air hangat, dingin dan hangat lagi.

Oh yes, payudara jangan di cuci pakai sabun. Takut nanti jadi kering.

Selesai deh.. Simple khan??

No comments: