January 1, 2011

10 most important things during his first month

Gw yakin kebutuhan masing – masing baby dan new mum pasti berbeda – beda. List ini juga, personal experience setelah ngurusin Gazel selama sebulan. So jangan dijadikan patokan 100%, tapi boleh lah jadi referensi:

1. Popok
Gak usah di tanya lagi, ini sih udah pasti lah ya. Dalam sebulan, Gazel masih pake popok kain tradisional selama 3 minggu. Abis itu pake dispo. Gak kuat euy, pipisnya makin sering. Pernah tuh ya dalam sehari bisa abis 2 lusin. Pupnya 6 kali, sisanya pee. Cucian numpuk deh.. Ada beberapa merk popok kain yang gw punya. Cuma yang paling bagus menurut gw itu merk Nova. Bahannya enak, nyaman dan gak cepet kusut atau brudul (maafkan kosa kata bahasa Indonesia saya yang sangat minim ;) ) pas dipake, maklum Gazel aktif banget anaknya.

2. Alas ompol
Idem sama di atas. But I loveeeeeeeeeeee alas ompol renata. Daya serapnya maknyus. Padahal peenya Gazel bisa 1 gelas (super lebay.. :) ).tapi bisa di serap tanpa rembes ke perlaknya. Recommended banget!

3. Purelan from Medela
Minggu – minggu awal menyusui, masa – masa kelam bagi gw. Gazel nyusunya gragas banget, dan puting gw jadi nyeri, lecet bahkan sampe berdarah. Latch on nya masih belum bener kali ya. Eniwei, jadilah Purelan ini penolong puting gw. Dingin semriwing dan lembab, cukup membantu menghilangkan ngilu – ngilu. So selain di olesin ASI, gw olesin purelan ini habis menyusui. Katanya sih aman, kalo ketelen sama babynya. Gitu yang gw baca di petunjuk penggunaannya.

4. Medela swing
Penyelamat saat payudara kenceng, tapi Gazel belum mau nyusu. Mengurangi bengkak dan yang pasti membantu untuk mulai stock ASIP sebelum masuk kerja. Yuk mari dimulai mompa sejak dini.

5. Panasonic Sterilizer
Breastpump dan botol kacanya musti di sterilize kan ya. So ini berguna banget, sampe gw taro di depan kamar, biar bolak – balik sterilize jadi gampang.

6. Gendongan jarik
Ini benda yang paling berguna versi enin nya (nenek dari gw) Gazel. Abis katanya Gazel beraaat. Gak kuat kalo pake tangan aja. Pokoknya kalo gak ada barang ini, eninnya mati gaya. Hehehe. Aniho selama cuti ini, gw & belm memutuskan gak pake baby sitter. Gak tau sih nanti. Tapi ya, enin dan nyainya dengan sukarela bahkan senang hati mau ngerawat cucu pertamanya ini, malah rebutan. (ooh beruntungnya dirimu nak). So bye bye nanny.. Another saving!

7. Minyak telon Konicare
Waa, di minggu – minggu awal, baby rawan banget sama gas di perutnya, bisa dari angin or ac (masuk angin) atau menghirup udara saat menyusui. Nah kalo pake ini sambil perutnya di elus elus, langsung deh.. preeeeet.. keluar gasnya hohoho. Cukup ampuh mengurangi perut kembung.
8. Sarung tangan baby or gunting kuku
Gazel aktif banget, kalo ngulet suka cakar mukanya sendiri. Jadilah itu dia kadang – kadang seperti Harry potter or Batosai. Ada temporary scarnya. Kukunya itu looh. Saking pentingnya, gw sampe punya 8 pasang sarung tangan baby. Tentunya berbagai warna supaya bisa di match sama bajunya. Hahahaha. Gunting kuku juga penting supaya kukunya gak tajam dan gak cakar mukanya. Eh ini diitung dua barang yah.

9. Baby Taffel
Ini bener deh berguna banget. Kalo ganti popok, bisa ganti di sini, kalo abis mandi, definitely ganti di sini. Sangat sangat mengurangi pinggang encok. Baby Taffel Gazel yang baby dream kan sekaligus lemari, spacious banget dan ringkes. Jadi double benefit deh.

10. Kasur baby dialogue
Kamar gw & Gazel di atas (lantai 2), nah kalo mau bawa Gazel main di ruang TV bawah, kalo dia bobo tinggal di rebahin di kasur dialogue ini. Jadi emaknya dan eninnya bisa sambil makan or ngemil or beraktivitas yang lain. Padahal ada juga bouncer, Cuma ya, usia sebulan, tulang belakangnya masih lunak banget, jadi sebisa mungkin kita rebahin gazel di tempat yang se- flat mungkin. Biar gak bungkuk. Kasur dialogue ini berguna banget, since gak punya travel cot. Kalo boxnya bolak balik ke atas dan bawah, males ya bow. Gini nih penampakannya kasur baby dialogue. picture taken from kaskus.




Banyak sih barang – barang lain yang berguna juga buat Gazel selama satu bulan pertamanya. Cuma di atas itu yang menurut gw paliiiing berguna, dan gw bersyukur karena punya barang – barang di atas dalam usia satu bulan pertama Gazel. Banyak barang mure - mure ternyata yang berguna banget, kayak popok, alas ompol or sarung tangan baby.

While barang yang tidak berguna buat Gazel selama satu bulannya (gw katakan TIDAK karena emang gak di pake sama sekali selama satu bulan):


1. Baby box
Tidurnya masih sama emak bapaknya. 40 hari baru deh di pindah

2. Bouncer
Belum di pake, karena ada kasur baby dialogue.

3. Bantal menyusui
Kok gak pas ya pakenya, jadi susah menyusui Gazel kalo pake ini. Anaknya juga kayaknya gak nyaman pake ini. Apa gw yang salah penggunaannya

4. Car seat
Gazel belum kemana – mana. Gak boleh keluar sama nenek – neneknya sebelum 40 hari. Paling imunisasi ke RS. Itu juga nenek – neneknya prefer gendong sendiri daripada pake car seat kalo di mobil.

5. Botol & Dot menyusui
Masih di suapin or pake soft cup medela. Takut bingung putting euy.


Balik lagi, list di atas adalah pengalaman pribadi gw selama Gazel satu bulan, bisa berbeda - beda buat tiap baby dan ibunya yah :)

2 comments:

rika wardhani said...

hmmm....anak qt banyak kesamaan nya ye...raya umur sebulan bb nya juga uda 5,2 kg dengan panjang 58 cm *panjanggg niy bocah* cepet bgt emang pertumbuhannya pas bulan petama..tapi lwt bulan pertama, pertumbuhannya uda ga secepet n se drastis pas bulan pertama....krn dia geraknya jg makin aktif...

purelan!!penyelamat gw saat demam meriang gara2 PD super bengkak *bahkan ke senggol dikit aja bikin gw meringis* n berdarah2...

klo popok...sebelum umur 40hari raya dah dipakein dispo, ga kuat cuci popoknya n klo mlm2 bisa tepar pengsann gw klo bangun2 ganti popok terus hehehe...

Breast pump...hmmm cuman kepake 2 kali aja, selanjutnya teronggok aja gitu skrg di atas lemari krn ga kepake..udah kenal meres pake tangan, jadi nganggur de BP nya...untung beli nya yg manual n murce...

well, selamat menikmati cuti yg percayalah akan terasa sangat singkat...dan ttp semangat asix...salam towel bwt pipi gazel ya...xixixixi

.:Riska said...

Rikaaaa.. waa Raya sama Gazel banyak kesamaannya yaah.. mungkin nanti kapan - kapan playdate bareng yuuuk :)

wuih Raya tinggi yaaa.. ganteng lagi.. pasti nanti dah gede banyak yang naksir..

bener, purelan lumayan banget ngilangin nyeri senut senut kalo abis nyusuin Gazel..

Semangaaat ASIX! kisses & hugs buat Raya Ganteng :)