May 9, 2011

Bingung puting??

Selain colic, gw paling horor sama bingung puting.


Apa sih bingung puting?
Suatu kondisi dimana si baby udah gak mau nyusu langsung dari PD mamanya. Tapi maunya dari botol susu di mana alirannya memang lebih kencang di banding PD.

Horor khan??!!

Gak kebayang gw kalo Gazel gak mau nenen sama mama, bisa nangis gerung gerung di pojokan.

So gw mulai browsing, baca - baca milis, forum, segalanya buat hindari bingung puting ini.

Dan sekarang, Gazel udah mau 6 bulan. Alhamdulillah gak pernah ngalamin bingung puting. Padahal kalo gw inget, sejak 40 hari dia udah dikenalin sama botol susu dan dotnya. karena dulu pas cuti hamil, gw juga sering ninggalin Gazel buat beli groceries, ke kantor polisi buat surat keterangan hilang (atm gw ilang aja ini.. nyebelin!!), ngurusin akte kelahiran, dll.

Tentunya sodara - sodara.. Nenek - neneknya yang di titipin sangat menolak pakai medela cup, karena dibilang anaknya gak sabaran dan tumpah tumpah gitu. Stress lah katanya. Baiklah kalau begitu, jadilah gw pasrah dengan si dot itu.

Gimana cara gw sampe Gazel gak bingung puting sampe sekarang?

Hmm.. gw gak bisa bilang cara gw adalah yang paling efektif. Even mungkin cara gw adalah yang paling umum dan banyak dilakukan banyak orang. Gw sih sebenernya melihat yang paling mendukung adalah Gazelnya sendiri. Dia gak pernah pilih pilih. Mau dot ok, puting mama (uppss,, maaf porno) juga sikat.

Jadi gini nih..
1. Gw sangatlah picky terhadap dot yang dipake.
Hati hati milih dot banget pas awal - awal. Gw baca di forum pake tommie tippie yang katanya mirip puting mama. Jadilah beli itu botol tommie tippie yang 260 ml. Langsung beli yang gede bow. Tapi ternyata anaknya gak mau. Alirannya terlalu dasyat sampe Gazel tersedak terus setiap pake itu. Akhirnya gw beralih ke Piegeon wide neck. So far anaknya suka dan kepake lama.

Sampe suatu hari, dia gak mau pake itu karena dotnya keras dan alirannya emang super lambat. Dia udah makin gede kan ya.. so belilah gw dot piegeon yang rubber dan di pakaikan di botol medela. Eh dia suka.

2. Ganti - ganti dot, biar dia gak bosen dan gak bingung puting, karena terlalu banyak variasi.

3. Kalo seharian dia minum dari botol, pulang kerja langsung dong di geber untuk nenen terus sepanjang malem. Biar komposisinya balance antara dot dan puting.

4. Hypno bayi dengan bilang " ASI mama paling enak looh" all the time berulang ulang. Gak tau kalo gw bilang ini, dia ngerti apa gak.. but at least i did it!

That's all.

Gak jamin 100% caranya bakal sukses, but I tried, dan Alhamdulillah berhasil sampe dia udah mau S1 ASI :) Malah anaknya sekarang agak malas minum dot, maunya nempel sama mama dan neeenn terus. Hayaaah.. ini ada yang bisa bantu gimana cara ngatasinya?

No comments: