March 26, 2010

Tanda - tanda di awal minggu kehamilan

Sebagian orang baru tersadar kalo dirinya hamil setelah telat datang bulan.

Yes.. itu memang salah satu tanda – tanda kehamilan.

Tapi sebelum itu sebenarnya kita sudah bisa “ngeh” kalau ada sesuatu yang berbeda pada diri kita, yang menandakan bahwa kita sedang hamil.

Dari pengalaman gw, tanda – tanda awal yang bisa gw rasakan adalah:

  • Flek darah setelah seminggu pembuahan
    Kalo gw googling, flek yang muncul seminggu setelah konsepsi dinamakan HARTMAN, yang menandakan bahwa blastula yang berkembang mulai menanamkan diri di dalam rahim, yang setelah itu mengakibatkan luruhnya sel – sel rahim, dan muncul sebagai flek yang bisa kita lihat di panty kita.
    Pengalaman pribadi nih, flek gw muncul selama 3 hari mulai tanggal 19 – 21 februari. Sepemahaman gw, HARTMAN biasanya muncul setelah 5 – 6 hari konsepsi. Nah bisa nebak kan kapan pembuahan si baby itu terjadi (hint: hari penuh kasih sayang) *hehehehe*
  • Nafsu makan yang drastically bertambah
    Wajar, karena sedang terjadi perkembangan zigot ke morula dan blastula, dan bla bla bla *cmiiw*. Yang membutuhkan energi yang lebih dari biasanya.
    Kalo pengalaman gw, napsu makan gw berkembang sangat menggila. Gw dulu kayak onta. Makan sedikit, bisa tahan gak makan sampe 5 – 6 jam ke depan. Apalagi kalo makan malem, terus tidur, itu bisa tahan sampe pagi, atau bahkan sampe jam 10 pagi juga masih belum laper. Tapi sekarang itu sangat ajaib, di minggu – minggu awal kehamilan, gw menggila… tiap jam gw laper, gw jadi rakus, malem – malem buta gw gentayangan cari makanan. Ajaib.
  • Susah BA*
    Sistem pencernaan gw sebelumnya sangat bersahabat, kalo lagi sehat, tiap hari selalu lancar. Tapi awal – awal kehamilan, gak tau kenapa kok jadi susah aja. Perut sakit, tapi tak tersalurkan.. *vulgar*. Yah intinya jadi susah deh buat p*b. pernah di dua – tiga minggu kehamilan, itu sampe 4 hari aja baru tersalurkan. Gak biasanya.
  • Bolak – balik kamar mandi buat pee
    Ini juga yang paling jelas, satu gelas air minum bisa 3x pee (minimal), padahal kalo dulu minum 1 gelas, paling cuma 1x pee, which is masih bisa di tahan secara alami. Kalo kata obgyn gw, itu wajar di awal kehamilan dan akan semakin bertambah frekuensinya seiring bertambahnya usia kehamilan. Karena rahim kita sedang berkembang mempersiapkan rumah si janin. So dia akan menekan kandung kemih, sehingga space si kandung kemih akan semakin sempit.
  • Keram perut
    Serasa kayak mau dapet, tapi mules – mules gitu. Pas mens nya telat, si keram perut makin bertambah, kasus gw malah sampe bangun tidur jam 3 pagi, karena terasa sakit banget keramnya, dan baru bisa tidur jam 5 pagi setelah di buatin susu hangat dan di pijit – pijit sama Belm.
  • Payudara semakin kencang
    Huehehe.. mungkin bagian ini belm yang paling senang *OMG… sangat vulgar* hehehe..
  • Eneg & mual yang mulai menerjang
    Walaupun gak parah, tapi lumayan sering juga ngerasain pas minggu - minggu awal. Biasanya di pagi atau sore hari. Makanya kita selalu sedia permen di tas.

Kurang lebih itu semua tanda – tanda awal yang gw alami, sebelum yakin setelah telat mens, tespek positif dan konfirmasi ke obgyn. So kalau mungkin ada tanda – tanda seperti itu, better mulai stop konsumsi soda, stop msg, mulai konsumsi asam folat.. intinya mulai makan makanan yang sehat dan kurangi junk food. Which is susaaaaah… tapi demi baby ;)

Salam sehat ;)

2 comments:

Jihan said...

hehehehe...kebetulan Ris, semua tanda2 yg lo sebutin, hampir selalu gw alami saat menjelang mens :D... jadi dulu gw suka geer kalo lagi hamil hahahahahhaha...

.:Riska said...

iya ya je.. jadi sebenernya kalo di pikir - pikir, kita udah punya wangsit kalo kita lagi hamidun even sebelum telat..

semoga anak gw bisa selucu abil... *kisses & hugs buat abil dr tante riska dan om belm yaah