April 2, 2010

Meet the obgyn at RS. YPK

Setelah pergi ke obgyn pertama dan di suspect janin di luar kandungan (Kehamilan ektopik). Gw dan Belm coba cari second opinion. Kita langsung ke RS. YPK setelah 3 hari setelah di vonis. Kita denger di YPK ini USG nya bagus dan favorit ibu – ibu hamil.

Kita ke YPK nya hari Rabu, 17 Maret jam 9 pagi, sebelum berangkat ke Lombok. Sekalian mau konsultasi juga kalo bepergian dengan pesawat pada awal kehamilan. Yang praktek saat itu adalah Dr. Yusfa Rasyid, Spog. Pas ketemu, wuih masih muda dan ganteng, ramah pula. Kita bilang kita mau check kehamilan. Langsung di usg, tadinya di usg abdomen, terus dia bilang “wah.. kelihatannya masih kecil banget, mau coba usg transvaginal” gw ngangguk aja, yang penting dapat kejelasan. Di YPK beda banget sama rumah sakit sebelumnya, yang masukin alat usgnya itu susternya kalo di rs sebelunnya kan dokternya, terus pas udah di pasang, ditutupin pake kain, jadi dokternya gak ngelihat barang berharga gw *ya walaupun lihat palingan cuma dikit, jadi gak malu – malu amat*.

Pas di cek pake usg transv, dokter bilang lagi “ tuh kantung janinnya udah kelihatan... kehamilannya masih muda banget antara 4 – 5 minggu, jadi masih kecil sekali, tapi sudah kelihatan kok”

Gw sama belm langsung barengan bilang ” di mana dok, kantung janinnya”

Dokternya bilang ” di rahim”

Kita: ” bukan di luar rahim dok???!!!”

Dokter *agak bingung, mungkin mikir kok nih pasiennya sotoy banget*: “ nih ya, posisinya di ujung buletan besar alpukat, itu artinya di rahim”

“dok, yakin bukan di serviks”

“hah, ini serviksnya.. gak ada apa – apa kok”

Sekarang gw dan belm yang bingung..

Dan akhirnya Belm cerita kalo sebelumnya kita ke obgyn lain, dan di bilang hamil di luar kandungan.

Dokternya santai banget dan bilang: “ itu mungkin belum kelihatan aja karena masih muda sekali, tapi ini sudah ada kantungnya kok”

Dokternya terus langsung ambil gambar struktur rahim *at least yang lebih familiar bagi kita di pelajaran biologi sma dibanding gambar usg yang item putih*. Terus ngasih tau letak posisi si janin di dalam gambar ovarium.

Wuih lega banget deh kita.

Dan gak lupa juga nanya beberapa pertanyaan level basic untuk kehamilan:
“Dok.. kalo saya naik pesawat di awal kehamilan gini, apa gak papa dok?”
“tidak apa – apa, yang gak boleh itu kehamilan di atas 7 bulan, kalo sekarang masih gak papa, nanti saya kasih obat penguat biar gak kontraksi berlebihan”
Sip..

“Dok, bapaknya mau nanya.. boleh berhubungan saat hamil muda gini dok?”
“boleh banget.. asal jangan terlalu berlebihan.. kalau ibunya merasa mules, bisa di keluarin di luar *sorry porno, tapi info penting, jadi gw share aja yaa.. hehehe*
Ok..

“yang boleh sama gak boleh di masa kehamilan muda apa dok?”
“yang pasti jangan loncat – loncatan, hindari olah raga yang terlalu berat, hindari celana yang terlalu ketat, jangan terlalu capek, jangan minum kafein, alkohol, jangan makan mentah.. and de bla bla bla...”

Cuma itu yang kepikiran sama kita buat di tanya.

Dan dokternya ramah sekali, dia bilang ”Selamat yaa riska dan belm atas kehamilannya”.

Wuih.. senang dan tenang.. at least sebelum keberangkatan kita ke Lombok udah dapat jawaban yang pasti.

Sangat puas juga dengan pelayanan rs. YPK dan Dr. Yusfa Rasyid, Spog. Semua sangat ramah dari registrasi sampe ambil obat, gak kayak di rs. sebelumnya yang shortage senyum. *penting itu*.

BB: 55 kg (naik 3 kilo dari sebelum hamil).
Tensi” 108/68 >> rendah banget yah..

Foto usg dan gambar rahim menyusul yah... ketinggalan di hard disk yang kelupaan di ambil di kantor J maab!

Dan beginilah penampakan ibu hamil 4 minggu.

Masih belum terasa apa - apa.. perut sedikit menggendut at least nda flat belly lagi.. masih lincah dan aktif, kemana - mana.. belum terasa capeknya..

5 comments:

Anonymous said...

putu datika: haiiii..kaa... congrats yaa bwt kehamilannya...
anyway, mau sharing aja,, dokter yusfa itu doketrnya kakanya suami gw pas lahiran kemaren..
YPK juga OKE lh!!! hehehe

Riska Sabrina said...

Tikaaaaa: haaaaiii.. pertama - tama.. gw minta maaf ya tik, gak bisa hadir di kawinan mu.. sungguh padahal ingin datang :(
tapi doaku dan belm agar kamu berdua menjadi pasangan sakinah dan langgeng selalu, cepet dpt momongan :).

iya setuju.. YPK OK.. Dr. Yusfa juga OK... sampe saat ini aku bertahan sama dia.. :) thanks for sharingnya ya say..

salam buat hubby :)

siska ayu said...

Hai ris,
Ni siska tmn SMA lo. Gak nyangka, pas gw nyari profil dr. Yusfa Rasyid, eh gw nemu blok lo. Slamet yah atas pernikahannya. Slamet juga buat babby nya.

.:Riska said...

Hi Siska... wow long time no see yah.. gimana kabar loe? wah kalo hunting - hunting dr. Yusfa berarti lagi isi dong bu? udah berapa bulan?

Lydia said...

Riskaaa...
lagi searching2 ttg RS YPK nyasarnya kesini aja dong..udah curiga dr awal, kok THE BELMs ?? Jgn2 Riska & Belm, trnyt benaaar...
Skrg udh brp bulan baby-nya, ka? dokter anaknya di YPK jg? salam ya buat the baby & Belm..

_Lydia_Akun02