June 11, 2010

Investasi kita...

So far kita termasuk pasangan yang pas pasan. Jadi pas buat makan, bensin, nonton, beli baju, bayar kartu kredit, bayar tagihan, dan keperluan lain yang sifatnya short term.. That’s it! Gak kepikiran sampe masa depan. Horisonnya cuma sampe 3 bulan mendatang.. *kasian yah kita*

Nah sekarang pas lagi hamil dan mau punya baby. Wakss.. mau kita kasih apa nih anak. Sekolah di mana? Les apa? Terus biaya pendidikannya?? Nguks.. baru deh grasak grusuk kepikiran investasi masa depan.

Well, setelah perdebatan yang cukup sengit *halah* akhirnya kita sepakat punya 2 macam investasi yang dananya pake uang masing – masing:

RISK TAKER
PIC: Riska

Gw pake semua duit yang gw punya sampe tabungan gw gak bersisa buat beli reksadana. Semoga market bagus terus *amiin*. Portfolio gw ada 4 sesuai prinsip don’t put your egg in one basket. Aneka ragam dari reksadana saham sampe campuran. Gw udah main dari 4 tahun lalu. Dah returnnya lumayaan banget.

RISK AVOIDANCE
PIC: Belm

Menyadari Bapak Belm adalah Kepala Keluarga yang menjadi tulang punggung financial. So pilih yang aman – aman aja. Gak ada risiko walaupun return kecil.. hehehe. Itung – itung dana simpanan pendidikan our lil bubu.

Kita ambil tabungan berjangka di CIMB Niaga. Walaupun ambil juga karena diiming – imingin hadiah. Maksudnya??? Iya kalo ikut tabungan berjangka di Niaga, kita bisa dapat hadiah di muka. Gini nih detail tabungan berjangka yang kita ambil:

Setoran awal 9 juta
Cicilan per bulan 2.7 juta
Periode 5 tahun
Bunga 6% per annum
Dapat Hadiah LCD TV Sony 40” (wohooooo…mayan buat nonton piala dunia) yang kita terima 3 minggu setelah aplikasi di submit.

Lumayan kaaan.. hehehe. Bunganya juga bagus. Kalo gak salah, deposito rate sekarang di kisaran 6-7%. Jadi masih competitive lah yaaa. Hadiahnya juga beragam, ada temen gw yang ambil BB Onyx, ada yang PS 3, sampe Honda CRV juga ada *untuk CRV ini, belum ada yang ambil sih kayaknya*.

*p.s.: gw bukan sales CIMB Niaga, ataupun karyawan, ataupun MLM Niaga*.

Pesan tambahan belm setelah submit aplikasinya, “sekarang harus hemat yah.. jangan boros!!” yak kencengin ikat pinggang dan tarik nafaaaaas.. haik!

Eniwei kita masih berpikir juga untuk menambah investasi lainnya yang risikonya medium. Kita berdua tipe yang gak suka main di emas (harganya udah tinggi banget sekarang), dulu pernah beli ORI, tapi di jual sebelum due date (lumayan juga sih walaupun gak sesuai dengan profile dan kebutuhan kita >> karena bunga nya abis tiap bulan jadi sepatu, baju, tas.. hehehe.. jadi bukan investasi dong ya), Surat utang (hmmm… say no for now), apa dong ya? Adakah yang punya info dan pengalaman.. sharing will be much appreciated. maaciy banget loooh.

Semoga lil bubu bisa membaca ini di kemudian hari saat dia besar, dan mengerti kalo Papa & Mamanya surely will do the best thing that we can do to raise u my dear.. So be a great guy and make us proud yah my bubu..

No comments: