June 10, 2010

Lil Baba 9 weeks

Di usia kehamilan ini, gw dapat pengetahuan baru. Tentang operasi mengikat rahim.

Maksudnya?

Jadi ceritanya, tanggal 10 April kemarin. Gw cek ke Dr. Yusfa di YPK. Saat di USG, Dr. Yusfa bilang kalo jalan rahim gw terbuka.

Eikksss… Kok sereem yaa??

Jadi di USG itu kelihatan kalo ada jalan menuju serviks, dan pintu rahim gw terbuka sebesar 3 mm. Kata dr. Yusfa, operasi pengikatan rahim harus di lakukan kalau lubang yang terbuka besarnya 10% atau lebih dari pintu rahim. Thanks God, lebar pintu rahim gw cukup besar, 34 mm. So masih bisa di bilang aman. Kalo lubang yang terbuka 3.4 mm aja *ketok – ketok meja*, gw harus di operasi pengikatan rahim supaya janinnya gak bisa keluar.

Lumayan shock gw denger penjelasan dr. Yusfa. Terus alasan kenapa jalan lahir gw bisa terbuka, ternyata macem – macem. Dan di pengalaman gw, sepertinya karena gw nyetir ke kantor. Dan kebetulan minggu – minggu sebelum check ke YPK, jalanan macet gila aja. Alasan lainnya, bisa karena sering jalan atau lari, dan olahraga yang terlalu berat.

Untuk mom to be, emang bener- bener di trimester pertama musti mengikuti falsafah orang Jawa, alon – alon asal kelakon. Jalan musti pelan dan jangan lari, walaupun ada bus yang datang sejam sekali 10 meter di depan mata, mau jalan ninggalin kita… gausah buru – buru.. biarin aja kita ditinggal *looh*. Ketinggalan kereta juga , biarin aja. Atau ada copet yang ambil dompet kita, nah ini baru di kejar.. hehehe. Jangan lah yah.. ikhlasin aja.. *nguk..*

Well trimester pertama emang yang paling riskan dan penuh dinamika (deh bahasanya). Kehamilan ektopik ( gw pernah di vonis ini.. hiks) di usia kehamilan 0 – 6 minggu, risiko blighted ovum di 6-7 minggu usia kehamilan, jantung janin lemah (6-9 minggu), bleeding dan jalan rahim terbuka. Semua bisa menyebabkan keguguran *amit amit jabang bayi*.

Ternyata emang jadi ibu itu luar biasa. Dari kehamilan awal, harus kuat dan banyak berjuang demi baby. Belum nanti perjuangan saat melahirkan, membesarkan dan mendidik anak. Wow.. semoga gw & Belm bisa mengemban amanah ini. Bismillah.

Dan semoga semua mom to be yang baca ini, selalu di lancarkan kehamilannya, sehat ibu dan bayinya.

3 comments:

Winda Anggraini - nDa said...

Semoga mba dan bayi diberi kesehatan yaah. bisa lancaaar semuaanyaa..
amiiiiin. :D

candrika said...

riskaa,,, minggu kemaren gw udh kedokter,, katanya udh 5 weeks 1 day,,, :D tp yaa baru kantong janin gitu deh wong gw br telat seminggu,,,
nah,,, baca blog lo bikin depresi,,, jd inget dokter gw yang ngajarin cara bangun dr tempat tidur segala! sementara gw sendiri susah bgt untuk gak pecicilan,,, emang se-fragile itu yaaaaa????

.:Riska said...

@ Winda: amin.
thanks banget ya say..

@ Candrika: waa ika, apa kabar mum to be? dulu loe tanya2 gw soal wed skr soal kehamilan.. hihihi.. life run so fast ya ka.. :)
btw gw bukan mau nakutin di posting ini.. cuma lebih baik mencegah aja. Loe tau gw juga pecicilannya kayak gimana. yang pasti jaga kondisi aja ka, jangan banyak cape, kalo udah over limit.. dont push yourself! sehat selalu bumil ika.. btw kapan ketemuuaaan????