October 18, 2010

Manfaat Senam Hamil

Ikutan senam hamil udah sejak hamil week 32, sampe sekarang udah total 3x. Kesannya adalah kok slow banget gerakannya yah. Kepengennya sih kayak aerobic or step gituh yang dinamis, yang buat sampe keringetan.Tapi gak mungkin yah.. hehehe.

But anyway.. banyak yang bilang senam hamil ini berguna banget buat ibu hamil di trimester tiga buat mempersiapkan proses kelahiran. Kalo dari pengalaman gw sendiri sih, fakta dari senam hamil:
  1. Bantu banget buat menghilangkan pegal – pegal di pinggang, punggung, pantat dan kaki
  2. Dikasi tips and tricks buat mengurangi kaki bengkak >> and it works for me
  3. Diajarin massage payudara >> berguna banget, karena tips ini kmr ASI udah sedikit keluar
  4. Gaya Nungging yang ideal dan gak bikin sesak supaya bayi gak sungsang >> this is the most important, and works for me.
  5. Pernafasan panjang untuk melahirkan : uuuh.. aaah.. uuuh .. aahhh… >> berguna juga pas Braxton hicks (kontraksi palsu)
  6. Kegel vagina berguna buat mengurangi sakit saat kontraksi
  7. Gak cuma melakukan gerakan, tapi juga sharing masa – masa sulit selama hamil trimester tiga dan akan di kasi tips and tricks buat mengurangi kesulitannya. Di sini, kesulitan secara fisik yah, yah susah jalan lah, sakit di punggung, kaki bengkak.. jangan harap aja kalo bilang, saya kesulitan uang karena belanja bayi banyak banget.. *ya tau garing.. silahkan lempar ember*

Dan masih banyak lagi manfaatnya yang gak bisa gw jelasin secara lengkap di sini. Tapi worth to try kok. Gak bakal nyesel.

Untuk kelasnya, gw ambil di RSB YPK, Rp 40k per sesi. Gak dapat makan minum, kecuali pas ada sponsor, kemarin sih bisa ambil susu beruang sepuasnya. Beda kalo di RSIA. Bunda, Rp 50k per sesi dan dapat snack.

Dan kalo jadwalnya di YPK sendiri ada di hari:
Senin & Jumat: jam 16.00, 17.00 dan 19.00
Sabtu : jam 09.00, 10.00 dan 11.00

Target gw sih at least 6x ikut sesi senam hamil dan dua hari sekali senam hamil di rumah. Semoga bisa lahir normal dan lancar *amiiiiin*

No comments: