February 11, 2010

Ooh.. Rumah Idaman!

Udah sejak sebulan yang lalu, gw tertarik sama billboard besar di tol dalam kota setelah Jakarta – cikarang pp. Trend Property Expo 6-14 Feb 2010, JCC, where costumer is King! Terus di iklan nya di janjikan bahwa semua developer bakal bersaing menawarkan harga yang termurah buat para customernya. Wew.. sounds interesting. Gw sih berharap rumah – rumah keren inceran gw, harganya jadi jauh lebih murah ketimbang yang sebelumnya gw lihat di beberapa brosur yang di kasih temen gw.

Bujuk Belm yang baru sembuh dari sakit pas hari Minggu buat ke sana. Suamiku yang baik sih mau aja, walaupun sepertinya rada males. Since you know lah ya, dia gak berminat tinggal di pinggir atau outer Jakarta, dan seyakin – yakinnya, para developer itu pasti gak ada yang offer perumahan di Jakarta Pusat dan sekitarnya. Yap, Belm got the point. Perumahan yang di tawarkan berkisar di bilangan Cakung, Cibubur, Bintaro, BSD, Bekasi, Tambun, Depok dan sekitarnya. Dan yang pasti yaah.. gak ada tuh perang harga, malah kayaknya semua bersaing ngasih harga mahal. Messages di billboardnya gak sesuai nih..

Dari ratusan brosur yang di sodorin ke kita *lebay*, ada beberapa perumahan yang gw suka:

Jakarta Garden City
Developer: Kappel Land
Plus: Design rumahnya bagus: minimalis, futuristic, konsep green (teduh, banyak pohon), developernya terpercaya.
Minus: Daerah Cakung (macet?! Panas??), maharani abis (gak ada brosurnya dan gak berani nanya harganya *udah yakin gak kebeli*).


Tranquillity Town House
Developer: PT. Modern Land
Plus: Design rumah dan kompleksnya kayak town house gitu dan berbentuk terasering, lihat master plannya sih kayaknya fasilitasnya lengkap banget, konsep asri.
Minus: Daerah Pondok Cabe (Jauh?!), maharani abis (rp 600an mio – 1.2 bio).



Bintaro Jaya
Developer: PT. Jaya Property
Plus: Daerahnya teduh, asri, nyaman, udah ramai, fasilitas lengkap, sekolah sampai rs. Internasional, baru di bangun new cluster, banyak artis tinggal di sini (hehe J ), udah ok banget lah ya.. secara bos – bos gw juga banyak tinggal di sini.
Minus: Ga ada minus – minusnya, kecuali harganya MAHAL.. gak mampu, titik! (ada saran sih beli rumah second aja kalo di sini, tapi tetep ya.. mahal)



Graha Raya
Developer: PT. Jaya Property
Plus: Lokasi deket sama Bintaro dan BSD (cukup strategis), bias numpang fasilitas di Binjay or BSD, sudah banyak cluster yang sukses (Valencia, Celesta?), banyak cluster baru yang gak kalah bagus (Venice, Adena), harga terjangkau ( rp 250 – 650 mio). Gw tertarik banget sama cluster Venice, type Verena rp 400 jutaan.
Minus: Belm gak suka lokasinya. T_T gimana donk??


Kota Wisata
Developer: Duta Pertiwi
Plus: Ada cluster baru, West Covina, harga cukup terjangkau (rp 400 – 600an), daerah sudah cukup ramai, fasilitas lengkap, design rumahnya bagus, developer terpercaya.
Minus: Cibubur (jauh, macet?!)


Hmm.. bingung yaa pilih yang mana…Basically sih, syarat rumah idaman kita based on requirement berdua:

  • Lokasi dekat dengan orang tua (which is Jakarta Pusat): bukannya manja, tapi demi anak nanti. Maklumlah gw sama Belm khan sama – sama pekerja, jadi kalau ada anak bisa di titip sama nenek – neneknya. Belm gak mau pake baby sitter, sejak ada pengalaman keponakannya di culik sama baby sitternya sendiri. (mudah - mudahan gak terjadi sama yang lain ya)
  • Luas tanah di atas 100 m2.
  • Ada taman di belakang rumah.
  • Garasi or at least Car port.
  • Kamar gw sama Belm at least 4x6m dan ada kamar mandi di dalam, seperti kamar kita sekarang.
  • Lingkungan asri, adem, teduh, dan nyaman untuk di tinggali.
  • Harga: moderate (gak terlalu mahal dan gak bisa di bilang murah juga). Bersyukur, gw dapat benefit dari kantor gw, Housing loan (KPR) 40x gaji, dan bunga 0% (yap.. gak ada bunga sedikitpun!!!) yang bisa di lunasi up to 15 tahun tanpa bunga. Lumayan bangeddh!!

Nah permasalahannya poin 1 itu sangat memberatkan, karena rumah di Jakarta pusat yang memenuhi poin 2, 3, 4, 5, 6 itu tidak bisa kompromi dengan poin nomor 7. Karena harganya milyaran bok. Sadisssss.

So so so.. gimana dong.. bingung gw, heleeeeeep T_T

p.s. photos taken dari website perumahan masing - masing.

5 comments:

Jihan said...

alternatif tinggal di tengah kota mungkin coba townhouse Ris... harganya lebih miring lah dibanding rumah2 pribadi yang berdiri sendiri2 hehehehehe... townhouse semacam komplek perumahan kecil (minimal 2-3 rumah) tapi letaknya di tengah kota. Promonya biasanya gag jor2 an jadi harus nyari2 sendiri. Dan ukurannya biasanya gag gede2 bgt. Ada sih yg gede tapi harganya juga gede hehehehehhe...

Riska Sabrina said...

Bole juga tu je.. Nanti coba gw sama belm hunting - hunting aah. Btw je, loe skr tinggal di mana?

JIhan said...

Nah, itu dia Ris. Gw tinggal di townhouse gitu di daerah pejaten, deket pejaten village hehehehehe...

Riska Sabrina said...

Widiw je..mancap banget.. Affordable gak kalo buat gw sama belm? Secara khan gaji gw cuma sebesar pajak suamimu :)

Rumah Mungil yang Sehat said...

semuanya bagus2 kok.. gak perlu bingung milih dah.. :D