February 27, 2010

E-ticket review!

Setelah honeymoon pertama yang bakal di lanjutin yang kedua, kok ya semakin hobi jadi trip planner. Seneng aja gitu, cari tiket dan hotel yang bagus, hunting harga yang lebih kompetitif atau cari lokasi sightseeing yang okay selama di tempat wisata. Apa gw bakat kerja di travel agency yaah.. hohoho.

And now.. hmmm.. pengen review maskapai penerbangan yah. Tapi bukan soal keamanan dan kenyamanannya yah, itu mah gampang banget, nenek gw juga tau naik SQ lebih nyaman ketimbang Air Asia atau naik garuda pasti lebih tenang ketimbang naik Adam Air (eit Adam udah capcus ya). Nah sekarang yang pengen gw bahas lebih ke websitenya dan pemesanan e- ticket termasuk soal rute dan harga. Pasalnya, sekarang kalo mau beli tiket kan just click away from your pc or laptop. So simple!

Di postingan ini, kita bukan ingin membagus – baguskan atau menjelek – jelekkan salah satu pihak. Review ini kita buat secara objective berdasarkan pengalaman sendiri. (disclaimer).

Garuda Indonesia
Penerbangan lokal dan internasional terlengkap. Mau kemana aja, pasti ada. Sekarang sepertinya penerbangan Garuda ke Europe juga udah mau di buka lagi. Kalo untuk penerbangan lokal, asal bandaranya cukup besar, Garuda pasti ada.

Plus: websitenya mudah di akses, informasi lengkap, reliable, registrasi mudah, dan ada reconfirmation looh. Jadi kan gw pesenin tiket Belm buat ke Lombok. Eh sama mba call centernya di reconfirm, esp. Terkait pembayaran dengan kartu kredit. Bagus sih, kita juga jadi nyaman dan seneng deh, si Garuda memastikan tidak ada pembayaran kartu kredit ilegal, alias di pakai orang yang tidak berwenang, ada juga check in online dan pilih seat online. Baru bisa paling cepet sehari sebelum penerbangan. Asyik banget ya, terutama buat gw dan belm yang last minute persons. Hohoho.
Minus: harganya lebih mahal di banding maskapai lain.

Air Asia
Low costs air fare milik perusahaan Malaysia ini bisa buat kita keluar negeri kapan aja dengan harga yang murah banget. Sesuai motonya, now everyone can fly. Gw sekalinya naik air asia pas ke bali tahun 2008 (dapat tiket gratis), interior pesawatnya lumayan yah.. nyaman juga. Cuma ya paling gak bisa pesen bangku pas check in, jadi kayak di bus gitu. Rebut – rebutan. Tapi ada juga boarding express, terus bisa pesen seat lebih dulu, ya cuma gitu..ada biaya tambahan. Terus pernah pesen sendiri, tiket dari ho chi min ke Bangkok, eh tapi gak jadi, angus deh, ya eniwei cuma 800 ribuan aja (berdua). Paling nyesek aja, harusnya bisa buat biaya 2 malem nginep di hotel. Hikss..Nah untuk websitenya:

Plus: komunikatif banget, reliable, registrasi mudah, pesen tiket simple, stepnya gak banyak, harganya murah banget, biaya pajak yang di bebankan gak mahal, jadi total yang di bayar sama harga yang di display gak jauh – jauh amat. Rute luar negeri banyak banget, dan yang pasti harga jauh lebih murah dari maskapai lain, e.g. Compared to Garuda.
Minus: Rute penerbangan lokal masih belum banyak.

Lion Air
Belum pernah naik, cuma kemarin pengalaman pesen tiket dari Lombok ke Jakarta buat Belm. Jadi kan belm perginya naik Garuda nah pulangnya naik Lion. Yaa simply karena harganya beda jauh, selisih 600 ribu, dengan jadwal yang sama.

Plus: Websitenya informatif, mudah di akses, registrasi gak ribet, stepnya gak banyak cuma internet loading pas payment via credit card nya agak lama, beda jauh sama Garuda yang dalam hitungan kurang dari 10 detik. (dengan internet kecepatan tinggi). Rute penerbangan lokalnya cukup lengkap. Penerbangan straight ke Lombok (tanpa transit) dari Cengkareng cuma Lion sama Garuda aja yang bisa. Yang lain musti transit dulu.
Minus: Kadang ada informasi yang gak in line. Jadi gini, kan saat mau beli tiket ke Lombok itu, gw cari pesawat yang lebih pagi sampe di Lomboknya, gw coba arrange yang pake transit ke SBY, di official websitenya ada jadwal yang cocok. Pas check di website, macam travel agency gitu yang online, eh ternyata jadwal itu di tiadakan sama Lionnya. Entah si travel itu dapat info dari mana. Cuma khan untung gw sama Belm belom pesen, kalo iya, musti transit di SBY jam 9 pagi, tapi pesawat lanjutannya yang jam 10 (yang kita beli online) di cancel, dan musti naik yang jam 4 sore. Males amat nunggu 7 jam.

Mandala Airlines
Denger – denger, ini low cost airfare versi lokal yang mau nyamain Air Asia. Good then. Gw sendiri belum pernah naik. Cuma banyak yang bilang pesawatnya sekarang ok dan banyak maskapainya. Cuma kemarin pas mau beli tiket online:

Plus: Rute lokal lumayan lengkap, harga relatif murah, website gampang di akses. Rute cukup lengkap, cuma kebanyakan transit, jadi Mandala ini sepertinya mencoba menambal sulam penerbangan, biar semua ke grab tapi dengan jumlah maskapai yang minim. Rute populer, kayak Bali sih bisa straight, tapi kalo Lombok, itu musti transit dulu ke Denpasar.
Minus: Harga yang di display dengan total yang di bayar itu jauh beda. Jadi dia khan pasang harga heboh, misal ke Surabaya itu 150 ribu. Gw kaget aja. Eh tapi pas gw klik lah kok total yang di bayar 750 ribu, ternyata pajaknya aja dong 600 ribu. Makanya sempet kaget, khan ada promo pake M*ndiri tuh ya, disc.50% semua penerbangan Mandala. Nah kalo resminya aja Cuma 150ribu, moso pake M*ndiri jadi cuma 75 ribu siih.. laah kayak naik cip*ganti aja kalo mau ke Bandung. Ya itu kalo gak inget pajaknya yaa. Tetep aja ternyata total yang harus di bayar ya 600 ribu plus 75 ribu.. kalo segitu mah penerbangan lain juga sama.

Sriwijaya Air
Hmm.. belum pernah naik, cuma coba - coba cari tiket kemarin, pendapat kita:

Plus: Ada informasi rute dan jadwal penerbangan.
Minus: Informasi harganya range begitu, gak kayak Lion, Mandala, atau Garuda yang ada kelas dan ada harga pastinya, ini mah informasinya cuma penerbangan ke Ujung Berung dengan harga 30 -100 ribu (hanya contoh). Tapi gak pasti gitu. Terus websitenya agak membingungkan, jadi takut mau beli tiket online. Entah reliable apa gak.

Merpati Airlines
Pernah naik jaman dulu masih kecil, dulu sih penerbangan lokalnya yang paling lengkap, tapi kok ya sekarang banyak rute yang hilang. Pas coba masuk websitenya:

Plus: websitenya at least masih bisa kebuka
Minus: Kebuka sih kebuka, tapi gak ada informasi gitu. Pas coba ngecek penerbangan, eh malah jadi blank page. Udah coba berkali – kali, malah nge – hang. Wassalam deh. Mungkin kalo mau beli mending telfon call centernya kali yah. Sepertinya kalo beli online masih belum reliable.

Yap that's all. Silahkan temen – temen kalo ada yang mau share, nambah input, comment dan tanggapannya. Atau ada yang beda pendapat juga silahkan. Kita mah simply pengalaman pribadi, gak di bayar pihak manapun. Temen – temen juga bisa coba sendiri. Enjoy planning your holiday!

3 comments:

-mf- said...

air asia bisa pesan tiket tanpa perlu registrasi kok.

lion emang murah dibandingin garuda, tapi ya ga dpt makan & sering delay.

merpati masih berjaya di indonesia tengah & timur. misalnya pesawat antar bali-lombok banyakan merpati. pokoknya dia berjaya di airport2 kecil.

Riska Sabrina said...

@mf: wooow.. thanks inputannya bu.. iya tuh katanya lion sering delay yah.. Semoga nanti pesawat suamiku tidak delay dan selamat sampai tujuan. :)

cari tiket pesawat said...

mana aja lah,
yg penting selamat sampai tujuan