November 27, 2009

7 Nov - Review Sungkeman, Siraman dan Prosesi Seserahan

Mari kita lanjutkan review acara setelah pengajian: sungkeman, ngaras, siraman plus proses seserahan (atau dalam adat Jawa di sebut sebagai midodareni). Panjang ya boow.. :)


SUNGKEMAN & NGARAS

Habis pengajian selesai, langsung deh persiapan buat acara adat sunda: sungkem, ngaras, mohon izin dan siraman. Tim dari Arjuna datang telat aja, gw masuk kamar dan nungguin mereka sambil was – was kalo ibu pengajian udah bosen nungguin gw keluar. Untung gak gitu lama (kira – kira 10 menit), tim Arjuna langsung datang dan dengan sigap ganti baju pengajian gw sama kemben dan rompi melati. Gw juga di pasang bando dari melati dan ahaaaai apa itu di bando melati gw, Arjuna bawa bando melati dengan hiasan 3 bunga mekar merekah di tengahnya, which I don’t like, huhu.. tapi mau gimana lagi, mau gak mau gw harus tetep pakai.

Acara adat ini dimulai dengan papa jalan sambil bawa lilin keluar, dan aku ada di tengah di apit sama mama dan papa dengan balutan kain gendong (ceritanya lagi digendong). Papa mama langsung duduk di kursi dan aku di pangku sama keduanya. Abis itu langsung sungkeman dan ngucapin permohonan izin untuk menikah. Sementara papa juga membalas dengan memberikan wejangan untuk menjadi istri yang baik. Saat permohonan izin dan sungkeman ini, MC nya sambil sinden dan di selingi dengan pantun – pantun yang bener – bener deh mengayat hati banget. Sampe di sesi ini gw, papa, mama dan semua penonton (teilee..) bersimbah air mata. Malah gw denger ada satu ibu – ibu yang sampe terisak – isak nangisnya, padahal suasana lagi hening. Terbawa suasana kali yee.. hehehe. Abis mohon izin dan sungkem, langsung deh cuci kaki papa dan mama. Oh iya, papa gw terkenal gak pernah nangis *although pas ortunya meninggal*, tapi pas kemarin nangis loh *walaupun hanya tetesan air mata* hehehe..



SIRAMAN


Puas nangis – nangis, terus aku di giring papa dan mama untuk keluar ke tempat siraman. Taman siraman hasil dekorasi Arjuna, ciamik banget.. kayak pendopo dan bunganya buanyak. Me likey!



Siraman di mulai dengan mama, papa, bude, tante dan para sesepuh. Totalnya ada sebelas (konon musti ganjil), termasuk ibu pengajian dan tukang rias dari Arjuna.





Siraman selesai, terus mama dan papa potong rambut sedikit yang di taruh di mangkok air bunga, yang nantinya di tanam supaya menghilangkan sifat – sifat buruk gw saat berumah tangga ( I will be an angel bem pas jadi istri kamu :) ). Dan akhirnya, proses siraman di akhiri dengan wudhu yang airnya di alirkan sama papa dari kendi.



Setelah selesai, gw khan harusnya di gendong sama papa ke dalam kamar dari tempat siraman. Tapi alamak, gw kayaknya berat banget sampe papa gw gak kuat dan harus di bantu sama Risma, adek gw. Hihihi. Sampe kamar, gw langsung mandi deh buat persiapan malam seserahan. Ternyata selama gw mandi, ada acara lempar 7 lapis kain yang di buat gw buat jalan ke taman siraman. Gw sih gak lihat langsung, tapi dari foto – fotonya, kayaknya seru aja.





PROSESI SESERAHAN
Habis mandi, langsung deh di make up dan hair do sama tim rias Arjuna, dan gak lupa pake kebaya hasil jahit di QZM. Gw suka banget make upnya, banyak yang bilang cantik.. hihihi. Tapi untuk hair donya, gw agak kurang suka, kok terkesan jawa yah? padahal gw khan sunda.. Si ibu yang sanggul, inget acaranya midodareni, padahal udah aku bilang malam seserahan, karena di Sunda nda ada yang namanya midodareni. Tapi eniwei.. hasil akhirnya gw suka sih, ayu tenan :)


Gak lama abis make up, Belm keluarga datang, kira – kira jam 5an. Emang sengaja datang sore bukan malem, karena keluarga Belm juga banyak yang rumahnya jauh – jauh, biar gak kemaleman dan cukup juga istirahatnya buat besok pas hari – H.

Keluarga Belm di sambut dengan alunan gending Sunda dan ucapan selamat datang dengan bahasa Sunda oleh MC, acara di lanjutkan dengan sambutan dari masing – masing keluarga. Keluarga Belm yang datang kurang lebih 35 orangan dan keluarga gw kurang lebih sama juga, yang alhasil membuat rumah kecil papa mama gw penuh sesak. Abis itu secara simbolik tukar –menukar seserahan dari mama Ati ke mama Asih dan angsul – angsul untuk sebaliknya.

Selama acara di luar, gw di simpen di dalam kamar (karena masih di pingit ceritanya). Di dalam kamar, gw ditemani sepupu gw Titis (yang mau married juga soon) yang bikin gw gak mati gaya di dalam sendirian (thanks Tis). Gak lama, pintu di ketok, dan Mama masuk sambil bawa Mama Belm dan Le fatimah untuk ngintip gw.. akhirnyaa..




Terus abis itu ganti – gantian ibu – ibu dari keluarga Belm ngintipin gw. Gw denger banyak celetukan, katanya Belm kecewa gak bisa lihat gw ( sabar yah sayang, khan besoknya bisa lihat..). Sepanjang acara, Belm bbm – in gw aja gitu, suruh keluar karena dia pengen banget lihat (hehehe maap ya bem permohonannya gak di kabulkan).

Setelah keluarga Belm pulang, seserahan pun di bawa masuk ke kamar gw, setelah disusun rapih, akhirnya gw melampiaskan napsu kenarcisan gw di kamar itu. hehehe.



Kamar gw gak di hias, hanya di kasih bunga sedap malam biar wangi, karena sayangnya kamar itu bukan kamar penganten (dan kita gak niat di hias juga.. maklum keluarga pemalas hehehe..), nantinya gw dan belm akan tinggal di rumah mama papa belm *pondok mertua indah bagi gw* langsung setelah akad nikah, yang katanya udah di hias sama furniture baru.. ihiiiy.

Dan finally acara hari itu selesai, gw pun langsung bersih – bersih *note gw masih belum boleh mandi*, dan tidur. Mutih gw pun masih lanjut, yang alhasil gw cuma makan nasi putih dan tidur sambil kelaperan.

Alhamdulillah, selama rangkaian acara gw ini berjalan lancar, walaupun gak bisa di bilang perfect. Tapi overall, puas sama semua vendor yang udah kontribusi hari ini, review per vendornya menyusul.

Stay tune for akad nikah & wedding reception review..

Ciao!

4 comments:

Anonymous said...

Sayaaaaaaang...ternyata panjang dan seru juga ya perjalanan kita menuju pernikahan :),makasih ya mbem,kamu keliatan cantik banget yang di foto2 itu ^^

.:Riska said...

Iih.. Siapa yaa? Kok manggil - manggil sayaang? :p

ika n igo said...

riska,,, reviewnya gw tunggu yaaa,,,
yes,, i totally agree u look pretty,,, :P

.:Riska said...

@ candrika: ibu ikaaaaa... akyu kangen!!!

pa kabar dirimu???

hehehe.. belum sempet review.. krn masih "sibuk" hahahaha..

thanks a lot dear..

jadi kamu kapan kapan kapan? :)