July 6, 2009

Berburu WO acara adat Sunda

Aihaihaihai..kemarin ( 27 June '09) kita baru aja bertualang ke Kota Tangerang. Kali ini tujuannya mau mencari vendor untuk acara adat & akad nikah.

Jadi konon, ada suatu sanggar pengantin yang sudah turun menurun di pakai untuk pernikahan keluarga Papaku. Terakhir, Tante Ati (Adik papaku) juga pakai sanggar ini sebagai rias pengantinnya. Sanggar ini juga bisa menyediakan paket acara adat. Nah, walaupun resepsi kita akan di gelar secara adat nasional, teteeup untuk acara sehari sebelum & hari - H Akad Nikah akan kental dengan acara adat donks.. karena, kita pengen menunjukkan identitas kita sebagai orang Indonesia, khususnya sebagai Sundanese dalam acara pernikahan kita. Selain sebagai identitas, acara adat yang lucu - lucu ini juga bisa jadi kenangan manis kita nanti kalau sudah punya cucu - cucu kelak (amiiin.. ^^ )

Sekilas info, Papaku setengah Jawa, dan Mamaku murni Sunda, sedangkan Belm, Papa Betawi & Mama Cirebon (Sunda dgn campuran Jawa). Dari multi suku yang mengalir dari darah kita berdua, kita nilai Sunda sebagai kotributor terbesar, so kita sepakat pakai Adat Sunda..huehehehe..

Back to the topic, Sanggar yang kita kunjungi namanya Sanggar Rias Arjuna. Kita langsung ketemu pemiliknya, namanya Ibu Arjuna. Wuih, niy Ibu yang dulu yang pernah nge - rias tante - tanteku di tahun 1980an, tapi masih tetap segar & terlihat cantik looh..kaguuum deh ^o^Sebagai catatan, aku tuh entah kenapa sangat perhatian terhadap penampilan calon periasku pada saat pertama kali meeting, alasannya mungkin karena dia akan merias orang lain, yah seharusnya dia juga bisa merias atau mempercantik dirinya sendiri, gimana bisa dia merias orang lain jadi cantik, kalau dirinya acak - acakan ^^ . So pertama kali lihat Ibu Arjuna, aku langsung sreg, sama kayak lihat Uni Tata (perias untuk resepsi).

Aku lihat - lihat galeri portfolio Ibu Arjuna untuk performance riasan, Ok ok looh, cantik - cantik..baju nya juga sebenarnya bagus - bagus, cuma aku udah terlanjur jatuh cinta sama Baju nya Uni tata, jadi aku tetep setiaa qiqiqiqiqiq..

Di Arjuna, finally kita deal untuk paket berikut:

Sehari sebelum Akad Nikah
- Acara Pengajian
- Acara Siraman, beserta dekorasi & perlengkapannya (incl. Kemben & Rompi Melati)
- Acara sungkeman, suapan terakhir dari orang tua kepada bride to be & cuci kaki ayah ibu
- Acara Seserahan saat malam, incl. riasan

Akad Nikah
- Rias pengantin saat Akad
- Baju Beskap Ayah & Rias Ibu
- Kain batik Ibu
- Acara Adat Sunda Lengkap setelah Akad Nikah:
Saweran, Sungkeman, Haruput, Buka Pintu
Semua acara sudah termasuk MC & Sinden Sunda (duh kebayang dey kental banget adat Sunda nya nanti ^^).

Ibu Arjuna bilang , setelah resmi jadi clientnya dia, dia akan puasa juga agar acara berjalan lancar & riasannya menjadi pangling. Aku juga di sarankan agar berpuasa Senin Kamis & Hari Lahir.. Insya Allah, mudah - mudahan bisa aku penuhi.

No comments: